OSN SMP Resmi Dibuka

Batam, Kepulauan Riau — Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar kasim di Batam, Kepulauan Riau, Kamis pagi (16/05/2013). Acara yang digelar di auditorium SMP Harapan Utama itu dihadiri pula oleh Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Walikota Tomohon Sulawesi Utara Jimmy Feidy Eman, Ketua DPRD Provinsi Riau Jihar Firdaus, dan Direktur Pembinaan SMP Didik Suhardi. OSN SMP ini akan berlangsung dari tanggal 17 hingga 18 Mei 2013.

Dalam sambutannya, Musliar mengatakan bahwa terpilihnya Batam sebagai lokasi pelaksanaan OSN SMP bukan tanpa alasan. Perhatian Pemerintah Daerah, katanya, begitu besar terhadap pengembangan pendidikan. “Tidak banyak Pemda yang memberikan perhatian pada pengembangan pendidikan di daerahnya,” ujar Musliar yang kini juga menjabat Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar.

Ia menilai janji manis pendidikan gratis selalu didengungkan para calon kepala daerah saat menggelar kampanye, namun setelah terpilih, janji-janji itu dilupakan. “Janji tinggal janji dan pendidikan tertinggal terus,” ucap Musliar. Namun hal berbeda ditunjukkan Gubernur Kepulauan Riau dan Wali Kota Batam. Mereka telah membawa pendidikan pada tingkat kemajuan yang luar biasa.

Musliar juga menilai pelaksanaan OSN sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional yaitu ‘Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan’. “Dengan adanya OSN, anak yang terbiasa mengikuti olimpiade atau pertandingan-pertandingan di bidang akademis, akan terbiasa untuk belajar sendiri,” jelasnya.

Sementara Gubernur Kepri Muhammad Sani mengatakan, OSN bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. SDM yang berkualitas, tambahnya, tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri atau keluarga, juga untuk kepentingan bangsa dan negara. “SDM yang berkualitas sangat penting untuk melaksanakan pembangunan yang terus menerus diadakan. Pembangunan tidak akan berhenti. Dia akan terus,” ucapnya.

Menurut Yatim Mustafa, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, peserta OSN berjumlah 396 siswa dari 33 provinsi. Mereka akan berlomba dalam empat bidang, yakni matematika, biologi, fisika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Selama siswa mengikuti lomba, 132 guru di seluruh Indonesia dan 100 guru se-Kepulauan Riau mengikuti Simposium Nasional tentang pembelajaran IPA dan IPS. (NW, sumber: http://dikdas.kemdikbud.go.id)

Bookmark the permalink.
loading comments...